Senin, 17 Desember 2012

PPKS FOKUS PADA LAYANAN KONSELING



BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kini memiliki Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), yang nantinya akan focus pada layanan konseling. Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) dititikberatkan pada layanan konseling yang nantinya bias mewujudkan terbentuknya sebuah keluarga sejahtera. Keberadaan pusat konseling untuk keluarga ini sangat diperlukan mengingat keberhasilan suatu bangsa berawal dari keluarga yang sehat dan sejahtera. Layanan konseling yang terdapat di PPKS ini juga dapat melayani masyarakat yang ingin menikah (pra nikah) untuk mendapatkan konsultasi dan informasi seputar masalah pernikahan hingga lansia.
Bagi mereka yang sudah menikah bias datang ke pusat layanan untuk konsultasi jika ada masalah rumah tangga. Selain itu, untuk orang tua yang mengalami kesulitan dalam mendidik anak juga bisa mendatangi pusat pelayanan guna mendapatkan konsultasi gratis.
Seperti PPKS Horas Kencana yang dimiliki Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut dilengkapi tenaga psikolog untuk melayani masyarakat yang diharapkan rajin berkonsultasi, maka keluarga-keluarga di Indonesia khususnya di Sumut bisa menyelesaikan masalah secara baik, terutama dalam menjalani kehidupan rumah tangga dan dalam mendidik anak. Bukan hanya tenaga psikolog yang disediakan, di PPKS Horas Kencana juga di fasilitasi Bidan dan Dokter yang dapat melayani masyarakat yang membutuhkan konseling.
“Jadi, konsultasinya bisa bermacam-macam, mulai dari mereka yang baru ingin menikah hingga mereka yang telah memiliki anak,” kata Kabid KS/PK Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Drs. Mustofa M.Kes melalui Kasubbid Bina Ketahanan Remaja Syamsu Rizal Lubis SH. S.Sos.
Bagi masyarakat yang ingin menikah, bisa mendatangi Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) untuk mendapatkan layanan konsultasi seputar masalah pernikahan. “Bukan hanya yang sudah menikah saja dilayani, namun juga bagi yang ingin membentuk keluarga juga bisa datang ke pusat pelayanan untuk konsultasi jika ingin mengetahui permasalahan apa saja yang bakal terjadi didalam rumah tangga,”katanya.
Selain itu, untuk orangutan yang mengalami kesulitan dalam mendidik anak juga bisa mendatangi pusat pelayanan guna mendapatkan konsultasi gratis. Seperti diketahui, kehadiran Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) adalah merupakan wadah kegiatan dan atau rangkaian kegiatan untuku memberikan pelayanan keluarga melalui pemberian KIE, konseling, bimbingan dan fasilitasi.
Tujuannya adalah terlaksananya penyelenggaraan pelayanan keluarga melalui Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera yang berbasis instansional untuk memberikan pelayanan informasi Kependudukan dan Keluarga, pelayanan konseling maupun pelayanan pembinaan, bimbingan dan fasilitasi kepada kelompok-kelompok Bina Keluarga dan pengurus kelompok UPPKS. Adapun sasaran yang ingin dicapai, yakni tersedianya wadah kegiatan dan atau rangkaian kegiatan pelayanan keluarga dalam satu tempat, terselenggaranya pelayanan informasi Kependudukan dan Keluarga, pelayanan konseling maupun layanan pembinaan,bimbingan dan fasilitasi kepada kelompok-kelompok Bina Keluarga dan anggota UPPKS serta tersedianya tempat rujukan bagi kelompok Kelompok Keluarga Sejahtera yang berbasis masyarakat. Di PPKS ini dapat melayani informasi KKB, konseling Keluarga Remaja dan Remaja, konseling pranikah, konseling Keluarga Balita dan Balita, konseling KB dan KR, konseling Keluarga Lansia dan Lansia dan Pembinaan Usaha Ekonomi Produktif UPPKS dan konseling Khusus Keluarga(Married Counseling)

(Haslan m tambunan)
sumber : Mandiri, selasa 11 Desember 2012

Tidak ada komentar: