Senin, 17 Desember 2012

TAHUN INI, PPKS ADA DI SELURUH PROVINSI


​JAKARTA, bkkbn online
 
Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) tahun ini harus ada di setiap provinsi di Indonesia. Institusi ini didirikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menyelenggarakan konseling keluarga, pelayanan informasi kependudukan dan keluarga, maupun pembinaan serta fasilitas keluarga balita.
 
Menurut Deputi bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Dr Sudibyo Alimoeso, pembentukan PPKS itu selaras dengan UU Nomor 52/2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Amanat dalam undang undang tersebut antara lain menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, untuk meningkaktan kualitas anak, remaja, lansia, kualitas lingkungan, peningkatan akses informasi, serta  pemberdayaan keluarga.
 
“PPKS sebagai tempat untuk konseling berbagai hal. Penyelenggaraan PPKS saya minta agar segera diikuti oleh pemerintah kabupatn/kota, agar pelayanan konseling mulai permasalahan balita, anak-anak, lansia, serta pemberdayaan ekonomi keluarga segera meluas di seluruh daerah,” kata Sudibyo di Jakarta, Senin (3/12).
 
Upaya meningkatkan kualitas remaja, BKKBN tetap gencar mendorong pembentukan pusat informasi dan konseling (PIK) Remaja dan PIK Mahasiswa. “PIK Remaja, PIK Mahasiswa, itu harus semakin banyak. Karena penduduk usia muda juga menjadi perhatian khusus agar mereka berhasil melewati masa transisi sampai dia berkeluarga,” ujarnya.(kkb2)
 

Tidak ada komentar: